Sunday, May 13, 2012

IA03 Sempu-Bromo, finale

Day 5 - 11 Februari
Dibangunin sekitar jam 3an subuh. Kita nyewa 2 jeep, jadi satu jeep isinya buat 13 orang gitu. Muat? Dimuat-muatin lah yaa hahaha. Berhubung saya masuk angin dan kedinginan, saya di jeep yang depannya tertutup gitu, berduaan sama Evan. Nah, berhubung juga saya orangnya nempel-molor, jadi baru sekitaran 5 menit dari Tumpang saya udah tepar. Begitu bangun, udah di jalan berkelok-kelok aja *nasip*




Ga lama, Jeep masuk ke padang pasir gitu yang rasanya saya kepengen ikutan syuting Ayat-ayat Cinta. Jujur aja siih, didalem Jeep, mana saya duduk didepan pulak, plus dibelakang ada 10an orang, bikin saya deg-degan. Jalannya agak sedikit ekstrim kalo saya bilang. Untungnya bapak supir Jeep keren banget, karena udah puluhan taun megang Jeep :D

Karena Jeep lagi ada di padang pasir yang luaaas banget, saya yakin mata bapak supir Jeep pasti awas banget. Tiba-tiba, kita kehilangan *ceileeh* jalur aja gitu. Which is, kita terjebak di padang pasir nan luas. Berkali-kali bapak supir 1 dan 2 turunbersama keneknya buat nyari jalur. Oh iyaa, Jeep saya hampir terbalik karena masuk ke lubang pasir. Anak-anak dibelakang? Panik hahaha.

Alhamdulillaah, kira-kira hampir satu jam terjebak di padang pasir, kita ketemu jalur yang bener. Saya? Lanjut tidur lah masbroo. Bangun-bangun, kita udah di atas lembah gitu lah *maafkan saya ga tau namanya*. Kita turun, terus foto-foto deh. Berhubung saya lagi ga enak badan, saya ga begitu aktif seperti biasanya *tumbeeen*. Disini juga beberapa anak bebelian edelweis aspal.



Saya lagi didalem jeep :(
Puas foto-foto disitu, kita lanjut ke Bromonya. Begitu nyampe, anak-anak langsung pada pengen naik keatas. Saya, yang lagi-lagi alesannya ga enak badan, jadi males mau naik ke atas. Cuacanya panas, tapi udaranya adem. Jadi saya, Adit, Benga mutusin buat diem aja gitu dibawah. Ga lama ketemu Ririn sama Wike yang juga males naik keatas.

kuda 50ribu



Ternyata anak-anak keatas ada yang jalan, ada yang naik kuda, kalo ga salah sih nyewa 50ribu gitu lah dari 100ribu. Bikin sirik juga sih, soalnya diatas pada foto-foto *iriiiii*. Sekitar nunggu sejam, anak-anak pada balik deeh. Terus buru-buru naik ke Jeep lagi. Saya mikirnya udahan aja dong trip ke Bromonya, tapi ternyata kita dibawa lagi ke.....savana ! *norak lagi*. Iyaa, savananya baguuuus banget. Tapi saya ga sempet foto-foto disana :(

Selesai berpuas-puas main disavana, kita pulang deh. Tapi yaa, beneran deh, dijalan pulang pun kita masih disuguhi pemandangan yang Subhanallaah indaaaaaah banget. Kepengen kesana lagi deeh :( Pas dijalan pulang, saya tukeran tempat sama Evan & Chandra, jadinya saya dibelakang. Karena anak-anak udah tepar, jadinya saya deh yang jadi bahan senderan jagain mereka. Bayangin aja kalo tidur di jeep yang model terbuka gimana :D



Nyampe-nyampe di Tumpang, anak-anak pada tepar, jadi pada langsung tidur. Saya, Wike, Ririn, Dhita asik muterin Tumpang. Ririn sempet beli sendal murce 10rupiah sajee. Lanjut kita minum es dawet gitu, endang marendaaang. Pulang, trus gosip-gosip, end-up kita semua ketiduran.

Sekitar jam 4an, kita semua pada siap-siap, soalnya jam 5 bakal dijemput....Truk. Yaa kan dipostingan pertama udah cerita kita ga kedapetan tiket balik ke Jakarta. Karena tetep mau pulang hari Sabtu, jadinya naik truk deh. Tenaang, truknya ala-ata ditutup terpal gitu kok, jadi ga bakal masuk angin *padahaaal*.

Sekitar jam 5an, kita dijemput. Sempet tegang juga sih, soalnya Babe agak sedikit marah sama orang truknya. Soalnya babe udah minta, tas-tas kita semua dibikinin tempat diatas gitu, tapinya malah dipojokin gitu. Jadinya tempatnya sempit aja. Sampe di pom bensin, kita semua disuruh turun. Ternyata mau diatur lagi posisinya. Tas-tas dibikin digantung gitu lah *maafkan bahasa saya campur aduk*. Selesai, cuss deh ke Jakarta.

Di Truk pegimana kondisinya? Sumuuuk ! Bayangin aja angin ga begitu masuk ke dalem hahaha. Jadi segala macem bau udara muter disitu-situ aja. Sempet berenti di Jombang, buat nurunin Wike, sama di Sragen buat nurunin Agus. Jam 9an pagi, kita istirahat di-ga tau-dimana-daerahnya. Yang pasti sih, itu tempat istirahat para supir truk gitu. Saya sama Dhita langsung cari WC buat cuci muka sama sikat gigi. Untungnya, WCnya bersih. Terus kita lanjut sarapan deh.

Istirahat kedua kita berenti di daerah Cirebon, sekitar jam 5an, lagi-lagi di tempat pemberhentian truk. Tapi makanannya enak hihihi. Lanjuut, sampe sekitar jam 1an kita semua nyampe di Margonda - di depan Ayam Bakar Christina. Capek, lelah, seneng, bahagia jadi satu.

Nih, saya mengutip dari blognya Boy-BenjiMozart, temen saya yang dulunya saya pikir galak pendiem banget..
 Salah satu definisi kebahagiaan sepertinya, kesengsaraan yang dirasakan bersama, dan dinikmati. Alam mengajarkan kami banyak hal, salah satunya, jangan pernah menyia-nyiakan air. Perjalanan mendidik kami menghargai hal-hal kecil, bahwa bisa selonjoran saja adalah nikmat kecil yang luar biasa. Alam dan Perjalanan, merekatkan kami semua. 
Kita semua ditakdirkan untuk bertemu bukan? Dipertemukan. Pelajari semua yang bisa kamu dapatkan dari masing-masing individu di sekitarmu, yang dipertemukan oleh takdir denganmu. Tidak mungkin tidak ada alasan khusus dengan mempertemukan kita semua dalam tiga tahun terakhir. Bahkan dengan orang-orang yang sekedar lewat saja kamu bisa mempelajari banyak hal. Nah ini, tiga tahun.

Jedeerr ! Bener-bener kalimat ini bikin saya mbrebes mili. Yang intinya, diperjalanan ini saya merasa dipersatukan antara individu IA03 *peluk satu-satu*
@IA0308







 


Ohhiyaa, saya juga mau share total biaya yang dikeluarin ala-ala backpacker kemaren per orang diluar makan:
  1. Tiket Kereta Ekonomi Senen-Malang (Matarmaja) : Rp. 50.000
  2. Truk ke Sendang Biru : Rp. 20.000
  3. Patungan perahu dan ikan : Rp. 20.000
  4. Jeep ke Bromo : Rp. 75.000
  5. Truk pulang ke Jakarta : Rp. 75.000
Total : Rp. 240.000 *ini seinget saya aja yaa hehehe* buat biaya makan sih sendiri-sendiri :)

Nah, saya juga mau ngasih tips ala backpacker amatir buat ke Sempu-Bromo:
  • Kalo ke Sempu, usahain pake sepatu atau sendal yang anti selip !
  • Bawaannya, jangan lebay (kayak saya), kalo emang tujuan liburan ga cuma Sempu aja, mending barang-barang yang ga begitu perlu di Sempu dititip aja di Sendang Biru.
  • Ke Sempu jangan pas musim hujan.
  • Kalo emang nyampe Sendang Biru malem, pastikan senternya terang yaa.
  • Nah, kalo Bromo, siapin aja jaket yang lumayan tebel (kalo ga tahan dingn kayak saya), takutnya masuk angin ntar
Sekian postingan saya bersama IA0308. Selain sebagai pengingat buat saya, mudah-mudahan postingannya berguna buat yang lain. kalo mau baca postingan tentang Sempu Bromo yang lain, silahkan ke blognya Boy-BenjiMozart yaa. Bahasanya saya suka. Laki-laki banget gitchuuu.
Adieu !

*foto-foto diambil dari FBnya Ijul sama Babe. Not allowed to copy and paste without permisson. Lapor dulu sama dua abang caem ini yaa*

0 komentar:

Post a Comment